Monmonvandemon's Blog

Sarana Berbagi Pengetahuan dan Ilmu

Realisasi Ekspor dan Daya Saing Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia Di Pasar Internasional


ABSTRAK

Indonesia memiliki beragam komoditi ekspor, salah satunya yang menjadi andalan penghasil devisa terbesar dari komoditi nonmigas ialah komoditi tekstil dan produk tekstil. Indonesia memiliki sumber daya manusia dalam jumlah besar yang dapat dikaryakan dalam industri ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan perkembangan industri tekstil Indonesia; mengetahui perkembangan realisasi ekspor Indonesia khususnya pada sektor Tekstil dan Produk Tekstil; mengetahui peranan realisasi ekspor komoditi Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia secara global; dan mengetahui nilai daya saing ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan adalah historical method atas data yang diperoleh kemudian diolah melalui metode korelasi, yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA), Index Revealed Comparative Advantage (IRCA), Export Growth Rate, Trade Specialization Ratio, Commodity Concentration Index, analisis uji beda, dan hasilnya kemudian dijabarkan secara explorative. Hasil perhitungan mengarah kesimpulan bahwa komoditi ini memiliki nilai positif terhadap neraca perdagangan Indonesia setiap tahunnya.

Uji beda menunjukkan nilai p-value sebesar 0,6357 yang berarti bahwa tidak terdapat perubahan secara signifikan tingkat kinerja ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia ke pasar dunia pasca perjanjian Multy Fiber Arrangement (MFA) oleh karena itu potensi komoditi ini besar sekali untuk dikembangkan tanpa dihambat oleh perjanjian MFA. Uji hipotesis menunjukkan nilai p-value sebesar 0,0069 lebih besar dari pada α maka mengartikan pemberlakuan perjanjian Multy Fiber Arrangement (MFA) memberikan implikasi yang positif bagi perkembangan nilai ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia ke pasar dunia.

Kata Kunci:

  1. perkembangan industri tekstil Indonesia;
  2. realisasi ekspor Indonesia sektor Tekstil dan Produk Tekstil;
  3. realisasi ekspor Indonesia pada komoditi Tekstil dan Produk Tekstil secara global;
  4. daya saing ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia.

Notes:

penelitian ini menjadi tesis saya guna mendapatkan kelulusan Magister Manajemen UNPAD, dan saya masukan ke call4papers DMB unpad yang saya presentasikan kemaren tanggal 24 April 2010 dan insyAllah sedang antri masuk jurnal skala nasional.

April 28, 2010 - Posted by | Paper dan Penelitian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: