Monmonvandemon's Blog

Sarana Berbagi Pengetahuan dan Ilmu

Champions Never Quit


Yoshiharu, seorang raja penjual mobil Jepang yang sangat ternama. Setelah lulus dari unversitas, dengan penuh semangat dia meniti karir di bidang pemasaran mobil. Pada mulanya, dia tidak menghasilkan prestasi apapun, meski berusaha keras selama beberapa bulan. Saat akan mengunjungi pelanggan jika tidak langsung ditolak, atau dengan perjuangan sulit ia baru berhasil menemui pelanggan. Tetapi semua pelanggan yang dia temui setelah mendengarkan penawarannya tidak ada satu pun yang berminat. Pada masa-masa awal bekerja dia sama sekali tidak mendapatkan order, penolakan berkali-kali oleh pelanggan membuat dirinya menjadi sangat putus asa.

Pada suatu hari dalam perjalanan pulang, ia sudah memutuskan akan mengundurkan diri. Dia ingin mencari bidang lain untuk mencari nafkah.

Tepat saat itu juga, dia mendadak ingin buang air kecil, maka dia segera berjalan ke pinggir sawah. Kebetulan di tempat itu, ia melihat  ada seekor kucing yang meringkuk di pinggir sawah. Untuk melampiaskan segala kekesalannya selama beberapa bulan itu, dia sengaja mengencingi kepala kucing itu.

Semula dia mengira kucing itu akan terkejut dan melarikan diri. Sungguh di luar dugaan, kucing itu bukan saja tidak melarikan diri, sebaliknya malah membuka mata seolah-olah tidak terjadi sesuatu, bahkan sepertinya dia sedang menikmati siraman dari alam.

Ekspresi kucing tersebut memberikan inspirasi yang sangat besar bagi Yoshiharu, membuatnya mengerti jika ingin berhasil dalam bidang pemasaran harus bisa menanggung penghinaan demi penyelesaian tugas penting. Sejak itu, dia membatalkan niat mengundurkan diri, dan melepaskan segala perasaan hati yang takut mengalami penolakan dan penghinaan, dengan berani dia menghadapi segala macam kritikan dan olokan dari berbagai pelanggan.

Akhirnya, dia mendapatkan order pertama setelah mengalami penolakan sebanyak 1.800 kali. Tahun kedua, dia bisa menjual 15 unit mobil setiap bulan. Sampai pada tahun kelima prestasi penjualan mobilnya mencapai 30 unit setiap bulan! Sejak tahun kelima itu, ia berturut-turut menjadi juara penjual mobil selama 16 tahun, dia telah menjadi raja pemasaran mobil yang paling ternama di seluruh Jepang.

Menanggung penghinaan, paling patut dihormati, seberapa besar Anda bisa menanggung seberapa besar pula prestasi yang Anda capai. Seseorang jika tidak mempunyai hati yang maha sabar, meski dia gagah perkasa, juga sangat sulit untuk menuju ke jalan keberhasilan. Orang yang bisa menanggung penghinaan demi penyelesaian tugas penting baru bisa mencapai kesuksesan besar.

Maka ada pepatah yang mengatakan, “Dengan bersabar sampai ratusan kali pasti bisa jadi.” Tak peduli bagi orang awam ataupun kultivator, perkataan ini merupakan kata-kata mutiara yang tidak boleh dilupakan.

 

 

Sumber :

Guan Min/The Epoch Times/lin

http://erabaru.net/kehidupan/41-cermin-kehidupan/20271-menanggung-penghinaan

December 3, 2010 - Posted by | Renungan Hidup

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: