Monmonvandemon's Blog

Sarana Berbagi Pengetahuan dan Ilmu

Kanker Payudara pada Laki-Laki


Kanker payudara tidak hanya dialami wanita, pria juga memiliki jaringan payudara yang dapat mengalami kanker. Tapi hampir 80 persen pria tidak menyadari bahwa kaum adam pun punya risiko menderita kanker payudara.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Nursing, peneliti menyurvei 28 pria yang berisiko tinggi kena kanker payudara karena memiliki riwayat kanker dari ibunya.

Dari hasil studi tersebut ditemukan bahwa 79 persen partisipan tidak tahu bahwa pria juga bisa mengembangkan kanker payudara dan 43 persen menganggap bahwa pria yang menderita kanker payudara harus dipertanyakan kemaskulinannya.

“Studi ini memberikan langkah pertama menuju pemahaman yang lebih baik tentang persepsi pria dan pengetahuan tentang kanker payudara pada pria,” jelas Eileen Thomas, penulis studi dan asisten profesor di College of Nursing, University of Colorado Denver, seperti dilansir dari Health24, Senin (4/10/2010).

Meski jarang terjadi, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Tapi menurut Eileen, hal ini sebagian besar telah diabaikan oleh media, masyarakat umum dan komunitas kesehatan.

Dr Marina Garassino dari University of Study di Milan, Italia, menyimpulkan bahwa kasus kanker payudara pada pria kerap ditemukan dalam kondisi parah. Kesimpulan itu diambilnya setelah menganalisis catatan kesehatan 146 pria pengidap kanker payudara yang berusia rata-rata 62 tahun.

Dalam laporan risetnya, Garassino menyebutkan sepertiga pria ditemukan mengidap kanker payudara stadium lanjut ketika mereka memeriksakan diri ke dokter.

“Ini tidak sama dengan para perempuan. Pada perempuan, persentase stadium lanjut kurang dari 10 persen,” ujarnya.

Garassino yang memublikasikan temuannya pada konferensi yang digagas European Society for Medical Oncology menduga, baik dokter maupun pasien memberi andil besar atas terlambatnya diagnosis kanker payudara pada kalangan pria.

“Para dokter mungkin tidak mengenali tumor ini pada pria, mereka melihat sebuah benjolan, tetapi mereka tidak berpikir bahwa itu adalah kanker payudara. Demikian juga pria mungkin tidak akan curiga bahwa mereka mengidap tumor dan walhasil mereka lebih lambat datang ke dokter ketimbang wanita.”

“Kanker payudara pada pria adalah penyakit yang sangat dipengaruhi faktor hormonal. Ada banyak bukti jika ditangani sejak dini, prognosisnya akan lebih baik dibandingkan dengan wanita,” papar Garrasino.

“Perlu adanya usaha peningkatan kesadaran tentang kanker payudara pada pria maupun wanita, terutama pada orang-orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit ini,” ungkap Eileen lebih lanjut.

Menurut US National Cancer Institute, sekitar 1 persen pria mengalami kanker payudara dari keseluruhan kasus kanker payudara. Kanker ini cenderung menyerang pria berusia 60 sampai 70 tahun.

Tanda yang paling umum untuk kanker payudara pria dan wanita adalah suatu benjolan atau penebalan pada payudara. Seringkali benjolan tidak menimbulkan rasa sakit.

Dilansir dari Mayoclinic, gejala kanker payudara pria antara lain:

  1. Kulit dimpling atau mengalami kerutan
  2. Pengembangan lekukan dari puting
  3. Perubahan pada kulit puting susu atau payudara seperti kemerahan


Mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker payudara dapat membantu menyelamatkan hidup. Semakin awal penyakit ini ditemukan, semakin banyak pilihan pengobatan dan kesempatan yang lebih baik.

sering terjadi pada laki-laki.
•    Kanker payudara yang dimulai di kelenjar produksi susu (lobules). Kanker payudara jenis ini jarang terjadi pada laki-laki.

•    Kanker payudara yang menyebar ke puting susu. Pada beberapa kasus, kanker payudara dapat terjadi di saluran payudara dan menyebar ke puting susu.Faktor risikoBeberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara pada laki-laki antara lain :•    Berusia diantara 60 sampai 70 tahun
•    Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
•    Mengkonsumsi obat yang memacu estrogen
•    Sejarah keluarga dengan kanker payudara
•    Sindrom Klinefelter’s (merupakan salah satu jenis kelainan genetik yang sering dialami oleh kaum pria.  Kelainan ini biasanya terjadi akibat hasil dari penggandaan ekstra kromosom X  pada setiap sel.  Di dunia, sindrom  Klinefelter dialami oleh satu di antara 500 pria hingga satu di antara 1.000 pria)
•    Penyakit hati, seperti cirrhosis
•    Obesitas
•    Terkena radiasi
Cara Mendeteksi
Cara mudah untuk mendeteksi apakah kita tanpa sadar memiliki potensi kanker payudara ini atau tidak, konsumsi saja Propolis Platinum selama seminggu, jika dalam seminggu tersebut dada terasa hangat atau bahkan panas, berarti ini menandakan bahwa terdapat jaringan potensi tumbuhnya kanker payudara.Pencegahan
Untuk dapat mengurangi risiko anda terkena kanker payudara, anda dapat:
•    Hindari mengkonsumsi alkohol
•    Jaga berat badan ideal anda
gunakan produk K-Link Kino, Riddance, Propolis Platinum, Sauda VCO, Gamat Extract, dan Chlorophyll
Video :
Video :
video:
untuk pemesanan silahkan drop private message di
arief.isee@gmail.com
disertai no.hp yg bisa dihubungi

Sumber:
http://puskesmassimpangempat.wordpress.com/2009/04/12/kanker-payudara-pada-laki-laki/
http://healindonesia.wordpress.com/2008/08/09/kanker-payudara-pria-selalu-telat-diagnosis/
http://us.detikhealth.com/read/2010/10/04/125301/1454805/763/banyak-pria-tak-sadar-bisa-kena-kanker-payudara
http://icqechisaii.blogspot.com/2010/07/kanker-payudara-laki-laki.html

May 3, 2011 - Posted by | Kesehatan

3 Comments »

  1. serem amat cee rif,,,,,
    liat kanker payudara salah seorang kerabat guru disini jd merinding,,,,
    udah diangkat sama dokter,,,
    beratnya mpee 5 kg

    Comment by lina | May 3, 2011 | Reply

    • ya itu dia…bisa nyerang siapa aja lin^^

      Comment by Arief Maulana | May 3, 2011 | Reply

  2. […] Kanker payudara pada laki-laki […]

    Pingback by Bisnis K-Link « Monmonvandemon's Blog | October 31, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: